Kesehatan

Waspada! 9 Makanan Ini Dapat Mempercepat Penuaan Dini, Ada Kentang Goreng hingga Daging Olahan

Tanpa kamu sadari mungkin selama ini pola makanmu akan berdampak buruk. Seperti sarapan dengan sebuah cupcake dan secangkir kopi di pagi hari. Atau roti lapis sebagai pilihan makan siangmu yang tampak baik baik saja.

Ternyata makanan seperti di atas memiliki efek negatif pada tubuh jika dilakukan dalam jangka panjang. Kandungan gula yeng berlebih, lemak jenuh hingga garam yang berlebihan membuat tubuh kita dehidrasi. Gula bertanggung jawab atas kenaikan berat badan, membuat keriput, membuat kulit kendor, dan merusak kesehatan secara umum.

Makan terlalu banyak gula memulai proses yang disebut glikasi. Glikasi adalah proses gula yang membuat glikosa terikat dengan protein dan lipid. Proses ini dapat merusak kolagen yang ada pada kulit.

Karena protein ini bertanggung jawab atas kekencangan kulit dan mendorong timbulnya keriput Lemak trans dapat ditemukan di makanan cepat saji, makanan yang digoreng, margarin, dan frosting kalengan. Lemak trans tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi juga memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah.

Ini melemahkan aliran darah ke kulit dan menyebabkan penuaan dini dan kerutan . Jangan percaya produk dengan label, "Nol trans lemak" karena produk di dalamnya mungkin masih mengandung di bawah 0,5 g. Segelas anggur langka tidak akan membahayakan tubuh, tetapi minum secara teratur akan memengaruhi fungsi hatimu.

Ketika hati bekerja dengan baik, racun dikeluarkan secara alami melalui tubuh. Tetapi jika racun racun ini menumpuk, mereka tidak terurai dengan baik. Itulah yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti jerawat, kerutan, kehilangan kolagen, kehilangan elastisitas, kemerahan, dehidrasi, dan bengkak

Garam berlebih dapat ditemukan di banyak produk populer: keju, pizza pepperoni, keripik, kerupuk, sereal, dan lain sebagainya. Garam menyebabkan tubuh menahan air dan menyebabkan tampilan “bengkak”. Ini juga menyebabkan sel menyusut dan menyebabkan dehidrasi.

Tidak cukup air membuat kulit keriput dan, akibatnya, membuatnya menua lebih cepat. Olahan daging memang dicintai oleh banyak orang. Yang termasuk dalam produk olahan daging antara lain sosis, bacon, dan daging deli mengandung banyak garam dan pengawet.

Konsumsi daging olahan menyebabkan dehidrasi dan memicu peradangan. Selain itu, produk ini mengurangi vitamin C dalam tubuh, yang penting untuk pembentukan kolagen. Cobalah untuk menukar daging olahan dengan ayam atau kalkun sebagai gantinya.

Jika kamu merasa agak terlalu sulit, cobalah untuk makan sedikit saja dan tambahkan beberapa sayuran ke dalam menu makananmu. Black char pada daging mengandung hidrokarbon pro inflamasi, yang sangat berbahaya bagi tubuh. Ini dapat memecah esensi untuk kulitmu seperti kolagen, yang mengarah pada penampilan yang lebih tua .

Meski begitu, kamu tidak perlu benar benar menghindari BBQ dengan teman teman. Kamu tetap bisa menikmati pesta BBQ, hanya saja pastikan kamu telah menghilangkan arang hitam dari dagingmu. Kentang goreng secara instan terurai menjadi gula begitu mereka masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan yang digoreng dalam minyak pada suhu tinggi melepaskan radikal bebas dan ini menyebabkan kerusakan sel pada kulit. Jika kamu ingin menikmati kentang dengan cara yang paling tidak berbahaya maka pangganglah! Kafein adalah diuretik, yang membuatmu mengeluarkan cairan dan menyebabkan kurangnya kelembaban dalam tubuh.

Ini membuat kulitmu kering dan rapuh. Tapi untungnya masalah ini dapat diselesaikan dengan langkah mudah. Cukup minum segelas air ekstra setelah meneguk cangkir kopi.

Juga, jangan lupa untuk melembabkan kulitmu dengan mousteraizer. Makanan pedas dapat menyebabkan rosacea pada kulit karena melebarkan pembuluh darah. Ada kalanya makanan pedas dapat menyebabkan kulit tampak merah, bernoda, dan kurang awet muda.

Tidak ada yang buruk tentang makan sesuatu yang pedas sesekali, tetapi flare up yang teratur dapat menyebabkan spider veins, bengkak, atau kemerahan permanen.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close