Internasional

Wakil Menteri Kesehatan Iran Mengaku Terinfeksi Virus Corona

Wakil menteri kesehatan Iran dan seorang anggota parlemen divonis sama sama positif terinfeksi virus corona. Negara ini adalah salah satu dari tiga titik panas di luar China yang menyebabkan kekhawatiran bahwa virus itu bisa menjadi pandemi. MelansirBBC, wakil menteri kesehatan Iran, Iraj Harirchi hari Senin membantah menutupi skala wabah. Dia tampak tidak nyaman secara fisik ketika berbicara dengan wartawan.

Iran telah melaporkan 95 kasus, tetapi jumlah sebenarnya diperkirakan lebih tinggi. Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan peningkatan mendadak kasus di negara negara di luar China "sangat memprihatinkan". Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Selasa, Washington khawatir bahwa Iran mungkin telah menyembunyikan "rincian penting" tentang wabahnya dan mendesak semua negara untuk mengatakan yang sebenarnya tentang penyebaran virus corona.

Kasus korban virus corona yang meninggal di Iran tercatat lebih banyak daripada di tempat lain di luar China. Kedua negara memiliki hubungan perdagangan yang kuat. Negara negara lain yang saat ini menjadi sorotan adalah Korea Selatan dan Italia, di mana kasus virus corona telah melonjak dalam beberapa hari terakhir. Data yang dilansirBBCmenunjukkan, lebih dari 80.000 kasus penyakit pernapasan Covid 19 telah dilaporkan di seluruh dunia sejak muncul akhir tahun lalu. Sekitar 2.700 pasien telah meninggal dunia, di mana sebagian besar terjadi di China.

Tetapi situasi di Iran telah menimbulkan kekhawatiran besar tentang kemungkinan wabah massal di Timur Tengah. The Guardianmelaporkan, Iraj Harirchi memposting video di media sosial pada hari Selasa di mana dia mengakui telah terinfeksi virus corona. Berita itu telah menggarisbawahi kekhawatiran yang meluas bahwa wabah itu mungkin telah melewati titik kritis, sebelum pihak berwenang dapat mengantisipasi sepenuhnya.

Foto foto salah satu pejabat kesehatan masyarakat paling senior di negara itu tampak berkeringat dan pucat. Harirchi mengakui bahwa dirinya telah terjangkit penyakit mematikan itu sehingga membuat banyak orang Iran cemas bahwa virus ini kemungkinan akan melumpuhkan lebih banyak daerah di Iran. Barratut Taqiyyah Rafie/Sumber:The Guardian dan BBC

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close