Travel

Tiketnya Rp 100 Jutaan Terbang dari London menuju New York hanya 4 Jam Naik Pesawat Ini

Nasa sedang mengembangkan pesawat supersonik baru yang akan melakukan perjalanan hingga 940 mph atau sekitar 1500 kilometer per jam. Pesawat Supersonik ini nantinya bisa memangkas waktu hingga setengah dari waktu normal. Misalnya, penerbangan London ke New York yang normalnya delapan jam, dengan Supersonik hanya empat jam saja.

Namun, Traveler yang ingin menikmati penerbangan super cepat ini harus merogoh kocek agak dalam. Harga ini jauh lebih murah daripada pesawat sebelumnya, yaitu supersonik Corcode yang menjual tiket 10 ribu poundsterling atau sekitar Rp 181 jutaan. Pesawat Supersonik baru yang dinamai X 59 ini juga diklaim tidak terlalu bising.

Pesawat dengan kecepatan mengalahkan kecepatan suara memang punya kekurangan pada kebisingan, seperti yang terjadi pada Concorde. Pesawat dengan tingkat kebisingan tinggi tentunya sangat mengganggu, terutama saat melintasi kawasan perkotaan. Artinya, pesawat bising hanya bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi di atas air.

Kecepatan pesawat supersonik sebelumnya, Concorde mencapai 1.354 mph atau sekitar 2179 kilometer per jam. Pantas jika Concorde sangat bising, karena kecepatannya memang luar biasa. Sementara itu, X 59 saat ini hanya 940 mph dan pesawat maskapai komersial sekitar 600 mph.

Faktor yang mengurangi tingkat kebisingan X 59 adalah bentuk hidung atau moncong depan pesawat ini. Diungkapkan NASA, hidung pesawat yang panjang dan tipis (seperti paruh bebek) ini bisa mengurangi suara menjadi 75 desibel. Bentuk moncong depan seperti paruh bebek ini berarti membuat kokpit tidak memiliki jendela di bagian depan pesawat.

Sebagai gantinya, pilot akan duduk di kabin dengan sistem video yang mensimulasikan bagian depan pesawat. Kokpit masih bisa memiliki jendela di samping supaya pilot bisa melihat garis horizon. Saat ini, Pesawat Supersonik masih dalam tahap pengujian.

Tes dilakukan di Texas menggunakan pesawat eksperimental Hornet F/ A 18 untuk uji kebisingan bagi penduduk. Penerbangan perdana pesawat Supersonik direncanakan pada 2021. Sebelumnya, pesawat Concorde pertama kali terbang sebagai pesawat penumpang pada 1976.

Namun, semua operasi penerbangan Concorde dihentikan pada 2003 karena sejumlah alasan, termasuk kecelakaan parah 2000 dan serangan 9/11 pada tahun 2001. Saat ini, NASA juga tengah mengembangkan pesawat listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan. Wisatawan yang sudah mendaftar tur luar angkasa pun akan berangkat pada tahun 2020 dengan biaya perjalanan masing masing 39 juta poundsterling.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close