Nasional

Ternyata Begini Trik-nya Boneka Kayu Ini Bisa Jalan Sendiri hingga Dikira Cari Tumbal Viral

Beberapa waktu lalu, netizen di media sosial Twitter dihebohkan sebuah rekaman CCTV kantor di area 48 Jakarta. Dalam rekaman CCTV tersebut terlihat seorang pria yang menggandeng sebuah boneka mirip boneka ‘berhantu’, Annabelle. Akun yang mengunggah video itu, menyebut boneka itu bisa berjalan sendiri dengan digandeng pemiliknya.

Semakin heboh, beredar info pada pukul 23.54 WIB di hari yang sama ada seorang pengendara motor yang terjatuh karena terpeleset di jalan tersebut. Setelahnya, banyak yang mengaitkan kecelakaan tersebut dengan boneka berjalan. Apalagi, kedua kejadian yang disebut sebut berhubungan itu terjadi pada tengah malam sehingga semakin menimbulkan kesan horor.

Meskipun sudah viral dan videonya terlanjur tersebar di berbagai jagat media sosial, ternyata kejadian boneka berjalan ini hanyalah keisengan semata. Hal ini dikatakan oleh pemilik akun twitter @sandraby_. Dia mengunggah potongan percakapan antara dirinya dan salah satu temannya yang mengenal pemilik boneka tersebut.

Dari percakapan itu, kita bisa tahu kalau sang pemilik boneka yang bernama Wahyu memang sering ‘keluyuran’ pada tengah malam sambil menuntun boneka miliknya di daerah tersebut. Boneka itu juga bukanlah boneka hantu atau boneka mistis yang dipikirkan banyak netizen. Itu hanya boneka kayu biasa yang didesain khusus agar bisa berjalan untuk melakukan trik sulap.

Wahyu bahkan diundang ke sejumlah stasiun televisi bersama bonekanya dan memberikan penjelasan. Salah satunya saat acara BROWNIS di Trans TV pada 9 Januari 2019 lalu, Wahyu mendemonstrasikan bagaimana cara ia menggandeng bonekanya sehingga bisa berjalan sendiri. Wahyu mengatakan boneka itu bernama Sherly.

Ia mendapatkan boneka itu dari seorang temannya dan membantah bonekanya memiliki kekuatan mistis. "Ini boneka biasa aja, buat properti sulap sebenernya," ujar Wahyu. Sementara saat ditanya tentang keterkaitan kecelakaan dengan bonekanya, Wahyu memberikan klarifikasi.

Dia membenarkan ketika itu memang melintas di jalan tersebut dan menggandeng Sherly. Tapi ia menyebut malam itu hanya latihan main sulap dan tak berniat mencari tumbal. "Pas saya masuk gang itu, ada kecelakaan motor," terang Wahyu.

Lantas apakah Wahyu memiliki pengalaman ganjil bersama bonekanya? Wahyu mengaku awalnya sempat merasa takut, tapi ia sadar itu hanya boneka biasa saja. Begitu pula keluarga sempat menentang bonekanya dibawa ke rumah.

Tapi lama lama keluarganya memperbolehkan. Lantas bagaimana cara boneka Wahyu ini berjalan? Dalam cara Hitam Putih, Deddy Corbuzier membongkar trik Wahyu membuat bonekanya seolah bisa berjalan sendiri.

Di depan Deddy, Wahyu bahkan membuka bagian dalam bonekanya. "Jadi ini sebenernya enggak ada apa apanya. Jadi gerakan dia tuh ideomotorik. Ideomotorik itu harus sinkron dengan gerakan orang yang menggerakannya," jelas Deddy. Ia melanjutkan, orang yang menggerakkan boneka itu harus terbiasa menggunakan otot tangannya tanpa terasa.

"Harus bisa menyamakan gerakan mikro (bonekanya). Jadi kalau saya yang bawa juga enggak bisa," ucap Deddy. Deddy Corbuzier menjelaskan alasannya karena masing masing boneka memiliki karakteristik berbeda. Apalagi jika dibuat oleh orang berbeda hingga spesifikasi berat boneka, tinggi badan, tidak sama.

"Gerakannya pun jadi beda," ungkap Deddy. Deddy Corbuzier sebagai pesulap menampik jika boneka Wahyu memiliki kekuatan mistis, karena semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah. Beberapa e commerce menjual boneka sulap ini seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Cukup mengetik walking puppets, maka Anda akan mendapatkan sejumlah dagangan boneka. Hmm, tertarik beli?

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close