Nasional

Tawarkan Teknologi BIM untuk Revolusi Industri Konstruksi di Tanah Air

Trimble, menawarkan teknologi BIM (Building Information Modelling) untuk revolusi industri konstruksi di Indonesia. BIM adalah suatu konsep atau metode yang dipakai dalam bidang konstruksi untuk membangun suatu bangunan gedung atau infrastruktur. "Konsep ini diadopsi dari proses konstruksi di industri migas yang punya standar tinggi, menyeluruh, serta integratif," kata Ajie Pamadaraji, Country Manager Structure Division Trimble Indonesia di Jakarta belum lama ini.

BIM dipakai mulai dari konsep perencanaan, perhitungan analisis disain, pemodelan dalam bentuk 3 dimensi, proses anggaran dan biaya, scheduling proyek, sampai pelaksanaan pembangunan di lapangan. "Tidak hanya software, yaitu berupa platform yang mengintegrasikan software software yang biasa dipakai dalam rangkaian proses konstruksi bangunan," katanya kepada wartawan dalam "BIM Innovation Conference 2019" yang diadakan Trimble di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta belum lama ini. Implementasi BIM akan mengurangi pekerjaan yang berulang ulang hingga dapat memutus masalah jalinan informasi yang tidak saling tersambung dalam pengerjaan proyeksi konstruksi suatu bangunan, sehingga risiko kegagalan proyek dapat dihindari.

Menggunakan konsep BIM untuk software pemodelan saja bisa menghemat waktu sampai 20%. Lalu dari sisi akurasi juga lebih presisi hingga bahkan proses konstruksi bangunannya bisa zero mistake, sebab software yang digunakan sudah tersinkronisasi dengan software yang lain. Trimble selain menggandeng Kementerian PUPR juga bekerjasama dengan Ikatan Ahli Pracetak dan Prategang Indonesia (IAPPI) serta sejumlah perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan SDM di Indonesia mengaplikasikan BIM. Hary Nugraha, Ketua Umum IAPPI, BIM sebagai masa depan proses konstruksi bangunan perlu mendapat dukungan dari sisi SDM.

"Yang paling penting SDM nya untuk kita me utilize (BIM) itu," jelas Hary. Dalam tiga tahun terakhir, sudah ada MoU antara Trimble dan IAPPI untuk bekerjasama agar anggota anggota IAPPI mendapat bantuan software dan training aplikasi BIM dalam kegiatan pekerjaannya. "Sekarang ini sudah cukup merata penggunaan BIM di industri pracetak dan prategang," tuturnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close