Travel

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Dieng yang Cantik buat Liburan Tahun Baru 2020

Rekomendasi tempat wisata di Dieng yang bisa dikunjungi oleh traveler saat liburantahun baru. Tempat wisata di Dieng yang menarik dikunjungi saat liburan akhir pekan, mulai dari Candi Arjuna, Bukit Sikunir, hingga Telaga Pengilon. Sebelumliburan akhir pekan di sana, ada baiknya mengenal lebih dahulu daftar tempat wisata di Dieng.

Bukit Sikunir merupakan tempat wisata andalan di Dieng. Traveler yang baru pertama kali liburan ke Dieng, jangan sampai melewatkan tempat wisata Bukit Sikunir ini. Bukit Sikunir kerap menjadi spot untuk melihat dan menikmati keindahan sunrise dan sunset.

Tak lengkap rasanya jika liburan ke Dieng namun tidak berkunjung ke Candi Arjuna. Pasalnya Candi Arjuna ini sangat erat kaitannya dengan tempat wisata yang ada di Dieng. Candi Arjuna adalah candi yang dibangun pada abad ke 7, sehingga menjadikan candi di sekitar sini lebih tua dibandingkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Meskipun begitu, kondisi candi dan keindahannya masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Kawasan Candi Arjuna mempunyai keindahan candi yang cantik yang berada di dataran tinggi. Kawah Sikidang merupakan tempat wisata kawah dengan luas lahan mencapai 200 meter persegi.

Pemandangan Kepulan asap dari kawah yang berwarna putih akan memanjakan mata. Karena berada di kawasan yang datar, kamu juga dapat melihat secara langsung kepulan asap yang keluar dari kawah. Tempat Wisata Kawah Sikidang ini kerap menjadi spot foto yang favorit di kalangan wisatawan.

Telaga Warna menjadi satu ikon tempat Dieng yang harus kamu kunjungi. Jika kamu berkunjung ke Telaga Warna, kamu juga bisa melihat dan menikmati Telaga Pengilon dan Gua Sumur yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Telaga Warna. Berlkasi tidak jauh dari Telaga Warna, Telaga Pengilon juga menjadi destinai favorit para wisatawan yang berlibur ke Dieng.

Berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki banyak warna, Telaga Pengilon airnya sangat jernih. Selain itu, suasana sejuk di Telaga Pengilon ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang asri dan hijau. Belum lengkap rasanya jika liburan ke Dieng tanpa mengunjungi Dieng Plateau Theater.

Dieng Plateau Theater merupakan bangunan dengan konsep layaknya bioskop yang menayangkan film dokumenter seputar Dieng. Kapasitas Dieng Plateau Theater adalah sekitar 60 tempat duduk dengan film dokumenter yang sering ditayangkan berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau. Satu di antara spot untuk menikmati keindahan alam di Dieng berikutnya adalah Gardu Pandang Tieng.

Gardu Pandang Tieng menarik dikunjungi saat pagi hari, ketika matahari terbit. Ketinggian Gardu Pandang Tieng ini adalah sekitar 1.700 mdpl. Dari sana traveler bisa menikmati pemandangan alam Gunung Sindoro, Gunung Kembang, serta hamparan persawahan.

Selain Candi Arjuna, tempat Candi Bima juga menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Letaknya berada di paling selatan dari kompleks Percandian Dieng.

Bagi pecinta tempat wisata bersejarah, saat liburan ke Dieng jangan lupa untuk mampir ke Museum Kailasa. Di Museum Kailasa menyimpan berbagai peninggalan purbakala. Lokasinya berada di lereng Bukit Semurup, tepatnya di kompleks areal milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah.

Telaga Cebong berlokasi di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Jika traveler sudah menikmati sunrise di Bukit Sikunir, ketika sore bisa menikmati sunset di Telaga Cebong. Selain sunset, di sana kamu juga bisa menikmati keindahan telaga yang berada di dekat lahan pertanian milik penduduk.

Karena Telaga Cebong ini berlokasi di atas 2300 mdpl, banyak yang mengatakan telaga ini merupakan telaga di atas awan.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close