Travel

Perlu Disimak! Rekayasa Lalu Lintas & Pengalihan Arus Kendaraan di Jogja saat Malam Tahun Baru

Perayaan setiap tahunnya selalu dijejali ribuan warga yang turun ke jalan. Berkaitan dengan hal tersebut, Polresta Yogyakarta dan Dinas Perhubungan Yogyakarta memberlakukan beberapa persiapan untuk menyambut tahun baru 2020. Selain pemasangan pembatas dan barikade di beberapa ruas jalan, pada malam pergantian tahun, Selasa (31/12/20190) besok akan ada beberapa pengalihan arus lalu lintas.

Berikut beberapa informasi pengalihan arus lalu lintas di malam pergantian tahun 2020, berdasarkan keterangan dari Kasatlantas Polresta Yogyakarta,Kompol Yugi Bayu Hendarto. Kawasan Malioboro tiap tahunnya selalu dijejali dengan ribuan orang saat perayaan malam pergantian tahun. Kawasan ini memang menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta, sekaligus salah satu pusat konsentrasiwisatawan yang ingin merayakan malam tahun baru di Kota Gudeg.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Yugi Bayu Hendarto, menyampaikan bahwa Malioboro akan ditutup untuk kendaraan pada malam pergantian tahun. "Itu dimulai dengan pengalihan arus secara selektif sejak pukul 17.00 WIB," katanya. Sedangkan untuk pengalihan arus secara total, tambah Yugi, akan dilaksanakan serentak pukul 19.00 WIB.

Menurut Kompol Yugi Bayu Hendarto selaku Kasatlantas Polresta Yogyakarta, rekayasa arus lalu lintas jelang malam pergantian tahun juga akan diberlakukan di kawasan Gembiraloka. "Kendaraan dari arah barat nantinya wajib melaju ke timur (tidak bisa berbelok ke selatan di Simpang Tiga). Namun untuk kendaraan dari arah timur, nantinya akan berjalan normal," katanya. Lalu Yugi juga menambahkan bahwa simpang tiga yang berada di sisi selatan Gembira Loka akan ditutup.

"Jadi besok kendaraan dari selatan tidak boleh mejalu ke Utara," paparnya. Disebutkan oleh kompol Yugi, bahwa di Kawasan jalan Magelang tidak akan dilaksanakan penutupan ataupun pengalihan arus. "Hanya dilakukan pemasangan water barrier di simpang pakuningratan barat," katanya.

Sedangkan, untuk kawasan jalan Diponegoro, hanya dilakukan pemasangan water barrier. "Pemasangannya sepanjang jalan Diponegoro sampai dengan simpang tiga Bumijo," ujarnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close