Nasional

Pakar Hukum Undip Puji Sikap 5 Angggota Dewan Pengawas KPK

Ketua Pusat Kajian Antikorupsi (PUSAKA) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Pujiyono memuji sikap lima dewan pengawas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Mengingat banyak yang terbukti punya integritas dan komitmen terhadap pemberantasan korupsi menolak bahkan keluar dari KPK. Adapun lima anggota Dewan Pengawas KPK adalah Tumpak Hatorangan Panggabean (mantan Plt Ketua KPK), Artidjo Alkostra (mantan hakim Mahkamah Agung), Syamsuddin Haris (peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Kemudian Albertina Ho (wakil ketua Pengadilan Tinggi Kupang, NTT) dan Harjono (Ketua DKPP/mantan Hakim Mahkamah Konstitusi). "Banyak pihak yang punya komitmen pemberantasan korupsi menolak bahkan keluar dari KPK sebagai protes atau kecewa terhadap perubahan UU KPK," jelas Pujiyono. Dia tidak meragukan, rekam jejak dan integritas lima anggota Dewan Pengawas KPK yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (22/12/2019).

Dia berdoa agar lima anggota Dewan Pengawas KPK itu bisa menjalankan tugas secara arief, bijaksana ,dan berani. "Kearifan dibutuhkan untuk mengedalikan diri tidak intevensi masalah masalah teknis penyelidikan, penyidikan dan penuntutan. Yang perlu diawasi adalah kinerja lembaga, bukan persoalan teknis," ucapnya. Presiden Jokowi melantik lima anggota dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019) siang.

Pelantikan itu tertuang dalam Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140/P/Tahun 2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi. Tumpak Hatorangan Panggabean ditunjuk sebagai ketua merangkap anggota dewan pengawas lembaga antirasuah. Adapun susunan dewan pengawas KPK yang dilantik Presiden Jokowi, yaitu :

1. Tumpak Hatorangan Panggabean (mantan Plt Ketua KPK). 2. Artidjo Alkostra (mantan hakim Mahkamah Agung) 3. Syamsuddin Haris (peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

4. Albertina Ho (wakil ketua Pengadilan Tinggi Kupang, NTT). 5. Harjono (Ketua DKPP/mantan Hakim Mahkamah Konstitusi).(*)

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close