Travel

Negeri di Atas Awannya Gunungkidul Puncak 4G Gunung Gentong Gedangsari

Kawasan Gunungkidul, Yogyakarta memiliki tempat wisata yang menawarkan pemandangan negeri di atas awan. Bila kamu ingin melihat pemandangan di atas ketinggian seperti negeri di atas awan, kamu bisa mendatangi Puncak 4G Gunung Genteng Gedangsari. Gunung Gentong atau yang juga populer dengan nama Puncak 4G berada di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul.

Sebutan 4G sendiri adalah sebutan dari Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul. Satu pesona yang ditawarkan Puncak 4G adalah keindahan pemandangan dari atas ketinggian dengan lanskap perbukitan hijau yang memanjakan mata. Waktu terbaik mengunjungi Puncak 4G adalah pada pagi hari tepat sebelum matahari terbit, kamu bisa melihat keindahan warna jingga dari sinar matahari yang perlahan muncul.

Tidak hanya itu, keindahan tersebut dipadukan dengan lautan awan yang tak kalah menawan. Pada siang dan sore hari, kamu bisa menikmati lanskap pemandangan hijau dengan bukit bukit kecil di sekelilingnya yang memanjakan mata. Bila kamu ingin menyaksikan momen sunrise, ada camping ground yang disediakan oleh pengelola agar kamu tidak perlu buru buru untuk mencapai Puncak 4G.

Konon kabarnya, kawasan puncak Gunung Gentong pernah dijadikan sebagai tempat bertapa Prabu Brawijaya V, raja terakhir dari kerajaan Majapahit. Di tengah proses meditasi tersebut, sang raja konon mendapat lemparan padasan, wadah air wudhu yang mirip gentong dari Raden Patah, putra Brawijaya. Tempat wisata inipun sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Fasilitas lainnya seperti gazebo, lahan perkemahan, hingga dua rumah homestay bagi pengunjung yang ingin menginap. Puncak 4G Gunung Gentong berlokasi di Dusun Manggung, Kelurahan Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Jogja. Kamu bisa melalui rute Wonosari melewati Bukit Bintang Patuk, kemudian pada pertigaan Sambipitu belok ke arah kiri menuju Kecamatan Nipar.

Setelah bertemu SD Klebu, belok ke kiri dan menuju Kecamatan Gedangsari dan tiba di Dunun Manggung. Di perempatan Dusun Manggung, kamu bisa belok ke arah kiri dan lurus terus hingga sampai di area parkir. Untuk mencapai Puncak 4G Gunung Gentung sendiri, kamu masih perlu trekking dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Setelah trekking kamu sudah bisa menyaksikan keindahan dari Puncak 4G Gunung Gentong Gedangsari, Gunungkidul.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close