Travel

Mudik Lebaran ke Blitar, 4 Es Ini Siap jadi Pelepas Dahaga

Libur Lebaran paling seru jika dinikmati dengan berburu kuliner. Di Blitar ada beberapa kuliner khas yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Es. Ada banyak es khas Blitar yang bisa menjadi pelepas dahaga setelah seharian berlibur ke Kota Blitar.

Berikut empat es khas Blitar yang bisa kamu coba saat libur lebaran di sana: Es khas Blitar pertama yang bisa kamu coba saat libur lebaran ke sana adalah Es Pleret. Ada banyak kedai es pleret yang bisa kamu temui di Blitar.

Salah satunya di kawasan Jalan Anjasmoro. Es Pleret khas Blitar ini terbuat dari tepung beras yang dibentu bulat bulatan kecil dan berongga dan memiliki tekstur kenyal serta empuk. Untuk kuah es pleret ini terbuat dari santan, gula merah, dan daun pandan.

Penggunaan daun pandan untuk menambah aroma harum dari es Pleret khas Blitar ini. Untuk menikmati satu porsi es Pleret khas Blitar kamu cukup membayar sekitar Rp 5 ribu saja. Es satu ini memang menyegarkan dan wajib kamu coba saat libur lebaran di Blitar.

Es Buah Dona Doni berisi aneka ragam buah seperti melon, semangka, sawo, cao, blewah, degan, agar agar dan tentu diberi es serut serta susu kental manis. Dalam satu mangkok yang isinya lengkap tersebut, kamu cukup membayar sekitar Rp 5 ribu saja. Saat libur lebaran ke Blitar, tidak ada salahnya jika kamu mencicipi es yang satu ini.

Es Puter Anda memang tergolong jadul alias sudah ada sejak lama, namun tak lekang oleh waktu. Sampai sekarang pun masih banyak penikmatnya, kamu juga bisa mendapati beberapa penjual es ini di Blitar. Kalau sedang berada di area Kebun Rojo Jalan Diponegoro, mampir ke Es Puter Anda.

Dalam satu porsi Es Puter Anda terdiri dari roti tawar, agar agar, dan mutiara. Kamu cukup membayar sekitar Rp 3 ribu saja untuk menikmati es puter Anda. Es khas Blitar selanjutnya yang bisa kamu coba saat libur lebaran di sini adalah Es Caon Doger.

Caon atau cincau hijau terbuat dari daun caon yang masih segar yang dipotong kecil kecil lalu diremas agar keluar sarinya kemudian disaring. Memiliki tekstur kenyal dengan rasa tawar, caon memang cocok dihidangkan dengan bahan yang manis. Es caon ini memiliki kuah yang terbuat dari santan cair dan gula merah, isinya beragam mulai dari mutiara, ketan hitam, dan roti.

Salah satu gerai es di Blitar ini berada di Jalan Mastrip, bernama Es Caon Doger Mbak Hanik, dibanderol harga hanya Rp 4 ribu per gelasnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close