Bisnis

Menkeu Sri Mulyani Sebut Ekonomi Dunia Masuk Jurang Resesi Pertumbuhan Direvisi

Pertumbuhan ekonomi dunia terus direvisi oleh IMF dari awal tahun sekira 3,9 persen hingga menjadi hanya mentok 3 persen hingga akhir 2019. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi dunia di level 3 persen sama saja berarti masuk jurang resesi. "IMF bilang ini sudah kategori resesi dunia di 3 persen, meski artian resesi itu pertumbuhan ekonomi negatif dua kali berturut turut di satu negara," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Sri Mulyani menjelaskan, pertumbuhan ekonomi dunia yang mengalami pelemahan hebat ini berimbas terhadap sektor perdagangan didorong perang dagang yang melibatkan Amerika Serikat, Eropa, dan China. Dengan demikian, volume perdagangan dunia juga diperkirakan hanya bisa tumbuh 1,1 persen atau jadi pertumbuhan terlemah semenjak 10 tahun lalu. "Risiko global yang kita waspadai adalah perang dagang, meski ada negosiasi antara Amerika Serikat dan China, tapi tidak pasti," kata Sri Mulyani.

Bahkan, ketika Amerika Serikat dan China telah menyepakati beberapa poin damai dagang, langkah mengejutkan datang dari Amerika Serikat yang mengenakan kenaikan tarif ke Eropa. "Ini meningkatkan ketidakpastian, meski Amerika Serikat dan china ada perjanjian sementara," pungkasnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close