Sains

Mengenal Ular Piton Raksasa, Jenis Ular Terpanjang di Indonesia dari Pedalaman Hutan Kalimantan

<div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Ular piton raksasa merupakan salah satu dari keluarga dari ular piton. Ular piton raksasa disebut juga dengan Ular Piton Raja dan merupakan salah satu ular piton jenis raksasa.

Ular piton raksasa menjadi salah satu ular terpanjang di Indonesia. Penyebutan Ular Piton Raja berasal dari Suku Dayak Pedalaman. Suku Dayak Pedalaman juga menyebutnya dengan Tangkaluk. ( )

Dalam akun Instagram Garda Satwa Foundation menyebutkan, ular piton raksasa juga disebut Anaconda Indonesia. Ular Piton Raja merupakan salah satu hewan langka yang berasal dari pedalaman hutan Kalimantan yangdisebutkan sudah jarang ditemui di hutan belantara. ( ) <div id='Mangsa'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Ular piton raksasa merupakan jenis hewan karnivora danmemangsa hewan lain untuk dimakan. Ular piton raksasa memangsa hewan yang berukuran besar sepertibabi hutan, rusa dan harimau dahan. <div id='Kemampuan'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh ular piton raksasa ini adalah menirukan suara mangsa. Suara yang dapat ditirukan ular piton raksasa tersebut di antaranya adalah rusa, orang utan dan burung. Untuk memakan mangsa, biasanya ular piton raksasa tersebut akan membiarkan kepalanya menjuntai ke bawah.

Sementara badan hingga ekor dibiarkan melilit ke atas pohon besar. <div id='DikiraMakhlukAstral'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Sebelum ditemukan ular piton raksasa di hutan belantara di Kalimantan banyak orang yang tak percaya keberadaan ular ini.

Salah satunya adalah pemilik cerita bernama Johan Michael Median Pasha yang mengira bahwa ular piton raksasa merupakan legenda belaka. Johan Michael Media Pashabahkan mengira bahwa ular piton raksasa tersebut merupakan makhluk astral. Namun, ketika melihat foto ular piton raksasa tersebut hangus terbakar, Johan baru percaya jika hewan langka itu benar benar ada. ( )

<div id='UlarPitonAsia'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Rekor ular terpanjang saat ini adalah anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa.

Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Ular yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Sementara, Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (Python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini.

Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter. Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembapan, bukan di air.

Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan. Sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat bulat. ( )

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close