Kesehatan

Konsekuensi Makan Pedas Sebelum Tidur, Siap-siap Alami Mimpi Buruk

Makanmakanan pedasmemang menyenangkan, oleh karena itu terkadang lupa waktu untuk mengonsumsinya, termasuk sebelum tidur, Mengonsumsimakanan pedasternyata bisa menyebabkan kita bermimpi buruk loh. Hal ini pun jarang disadari orang, terlebih kita memang menyukai makanan yang memiliki rasa pedas.

Namun, belakangan ini beberapa peneliti mengeluarkan hasil kajian terkait mengonsumimakanan pedassebelum tidur. Lantas, bagaimana makanan bisa mempengaruhi mimpi kita ya? Dilansir dari siaran pers Hallo Sehat menjelaskan jika saat seseorang tengah tertidur, ia akan mengalami beberapa tahapan tidur.

Tahapan pertama disebut tidur ayam, yang digambarkan dalam kondisi setengah sadar dan bisa mendengarkan suara di sekitar kita. Barulah kita mencapai tahapan tidur lebih dalam, yang mana otak kita mulai melambat. Setelah itu, kita baru di tahapan tertidur pulas.

Tapi, tahapan tidur kita tak sampai di situ, kita akan memasuki tahapan tidur ke empat yang disebut REM(rapid eye movement). Di sinilah, kita mulai bermimpi. Kinerja mimpi terjadi saat otak yang tadinya melambat kembali aktif. Pada tahap REM inilah biasanya otak akan bereaksi terhadap makanan yang dikonsumsi sebelum tidur.

Fase ini terjadi setelah 90 menit kita melalui tahapan tidur ayam. Di sinilah, makanan yang kita cerna dan diserap tubuh akan mengeluarkan berbagai reaksi, termasuk makanan pedas. Menurut dr. Charles Bae, seorang pakar gangguan tidur dari Cleveland Clinic di Amerika Serikat, mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur akan memicu proses metabolisme, serta meningkatkan suhu tubuh.

Proses metabolisme dan peningkatan suhu menyebabkan aktivitas otak bertambah, padahal otot dan tubuh istirahat. Otak kemudian akan menerima sinyal dari sistem pencernaan bahwa tubuh kita harus berjuang lebih keras untuk menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung. Sinyal itu diartikan oleh otak sebagai ancaman atau gangguan, yang kemudian ditafsirkan oleh kesadaran sebagai mimpi buruk.(Tentry Yudvi Dian Utami/Nova)

Video Pilihan

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close