Nasional

Kini Total Ada 5 Orang Pasien Sembuh Corona di Indonesia Bertambah

Setelah sebelumnya tiga pasien dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona, kini Pemerintah Indonesia telah mengumumkan dua lagi pasien dinyatakan sembuh. Pasien yang sembuh tersebut merupakan pasien no 1 dan pasien no 3. Dilansir dari , berdasarkan hasil uji laboratorium keduanya dinyatakan telah negatif virus Corona.

Mereka akan langsung dipulangkan ke rumah masing masing pada Kamis (12/3/2020) sore. "Ya ini ada berita bagus, jadi pasien nomor 01 itu sudah negatif dua kali. Alhamdulillah fisiknya sangat baik. Kemudian pasien nomor 03 juga negatif sudah dua kali, Insya Allah sore ini kita pulangkan," ucap Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Kamis. "Keduanya klinisnya sudah bagus, keadaan umumnya baik dan bisa kita nyatakan sembuh dalam pelayanan ini," lanjutnya.

Dengan begitu, hingga Jumat (13/3/2020) siang, total lima pasien Covid 19 di Indonesia yang dinyatakan sembuh di tengah penetapan virus corona sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO). Seperti diberitakan sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengumumkan terdapat tiga pasien Covid 19 di Indonesia dinyatakan sembuh. Hal tersebut menjadi harapan di tengah penetapan virus corona sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO).

Dilansir dari Kompas.com, Ketiga pasien itu, pasien 06, 14, dan 19, sebelumnya dirawat di RSUP Persahabatan. "Ada tiga pasien yang secara teknis sudah membaik, tidak ada keluhan sama sekali. Secara laboratorium, dua kali kita melakukan pemeriksaan, hasilnya negatif. Maka, diputuskan bahwa ketiga pasien ini dinyatakan sembuh dan tidak membutuhkan lagi perawatan," terangnya di RSUP Persahabatan, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Adapun ketiga pasien ini, yakni kasus 06 berjenis kelamin laki laki usia 39 tahun, kasus 14 berjenis kelamin laki laki usia 50 tahun, dan kasus 19 berjenis kelamin laki laki usia 49 tahun.

Yuri pun optimistis beberapa pasien lainnya juga akan segera sembuh seperti pasien 06, 14, dan 19. Setelah diperbolehkan pulang, menurut Yuri, para pasien itu kemudian diedukasi. Salah satu hal yang perlu dipastikan adalah agar mereka memantau kondisi diri sendiri.

"Saat pulang yang bersangkutan masih harus menjalani self monitoring. Dia harus memantau dirinya sendiri," kata Yuri. Selain itu, yang perlu dilakukan tiga orang yang kini dibolehkan pulang adalah mereka harus menggunakan masker saat berada di rumah. "Hindari kontak dekat dengan keluarga tanpa menggunakan masker," ujar Yuri.

"Tidak berbagi alat minum dan makan dengan yang lain, beristirahat di rumah, dan mencukupi asupan gizi dengan baik," ujar Yuri. Selain itu, tiga orang ini akan mendapatkan rujuk balik dari puskesmas terdekat. Nantinya, surat rujuk balik itu akan meminta puskesmas untuk melakukan pemantauan terhadap mereka.

"Dimohon agar puskesmas lakukan monitoring," ujar Yuri. Hingga Kamis sore, pemerintah menyatakan ada 34 kasus virus corona atau Covid 19 di Indonesia. Namun, ada satu pasien Covid 19 yang meninggal dunia, yaitu kasus 25.

Dia meninggal dunia pada Selasa (10/3/2020) dini hari, sekitar pukul 02.00. Sebelumnya, Yuri menjelaskan bahwa pasien kasus 25 itu sudah masuk rumah sakit dalam kondisi sakit berat. Dengan demikian, saat ini masih ada 30 pasien Covid 19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close