Kesehatan

Kenali Penyebab Cara Pengobatan hingga Pencegahannya Gejala Tumor Tiroid

Tumor tiroid merupakan keadaan dimana adanya benjolan yang dapat berkembang di area kelenjar tiroid. Benjolan ini bisa terasa keras dan padat, atau bisa juga lembek dan berisi cairan. Munculnya benjolan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, satu di antaranya adalah kekurangan yodium.

Diketahui lebih dari 90% dari semua tumor tiroid bersifat jinak. 1. Kekurangan yodium 2. Faktor keturunan

Kedua adalah faktor keturunan, yakni jika seseorang memiliki orang tua atau anggota keluarga yang menderita tumor tiroid. 3. Usia Orang yang berusia kurang dari 30 tahun atau lebih dari 60 tahun berisiko menderita tumor tiroid.

4. Jenis kelamin Wanita lebih berisiko mengalami tumor tiroid daripada pria. Risiko pada kedua jenis kelamin akan meningkat seiring bertambahnya usia.

5. Paparan radiasi di kepala dan leher 6. Sebagian besar tumor tiroid juga disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jaringan normal. Hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan di leher, kesulitan bernapas, kesulitan menelan, nyeri, dan bahkan gondok.

Tumor tiroid jarang menimbulkan gejala jika benjolan masih berukuran kecil. Namun, ketika benjolan tersebut sudah semakin membesar, gejalanya baru akan kelihatan. Umumnya penderita akan merasakan gejala seperti berikut:

1. Kelenjar tiroid yang membesar, yang dikenal sebagai gondok 2. Rasa sakit dan pembengkakan di pangkal leher 3. Kesulitan menelan

4. Kesulitan bernafas 5. Suara serak Cara pengobatan tergantung pada ukuran benjolan dan jenis tumor yang pasien derita.

Jika tumornya tidak bersifat kanker dan tidak menyebabkan masalah, maka pihak dokter kemungkinan akan memutuskan untuk memonitor perkembangan tumor tiroid dengan melakukan cek up dan ultrasound secara teratur. Namun jika benjolan tersebut memproduksi hormon tiroid yang berlebihan, kemungkinan dokter akan menyarankan pasien untuk menggunakan yodium radioaktif atau pembedahan untuk menghilangkan benjolan. Sebagai alternatif untuk yodium radioaktif atau pembedahan, pihak dokter mungkin bisa mengobatinya dengan memberi Anda obat penghambat tiroid.

Tidak ada cara untuk mencegah perkembangan tumor tiroid. Jika Anda didiagnosis menderita tumor tiroid, kebanyakan dokter akan mengambil langkah untuk menghilangkan, menghancurkannya atau bahkan hanya memantaunya secara berkelanjutan jika itu tidak bersifat kanker. Sebagian besar benjolan non kanker tidak berbahaya, dan banyak orang tidak membutuhkan perawatan.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close