Kesehatan

Itu Mitos Viral Komisioner KPAI Sebut Wanita Bisa Hamil karena Berenang Bareng Pria Dokter

Pernyataan KomisionerKomisi Perlindungan Anak Indoensia (KPAI) bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA), Sitti Hikmawatty yang menyebut wanita yang berenang bersama dengan laki laki bisa berpotensi hamil ramai diperbincangkan. Dalam pernyataanya kepada ,Sitti Hikmawatty mengingatkan agar wanita berhati hati saat berada di kolam renang. Dia menyebut, kehamilan yang berindikasi darikolamrenangini sebagai contohhamiltak langsung (bersentuhan secara fisik).

"Pertemuan yang tidak langsung misalnya, ada sebuah mediasi dikolamrenang.Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat,"ujar Hikma, Jumat (21/2/2020) siang. "Walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasihamil," beber dia. Terlebih, jika perempuan tersebut berada pada fase kesuburan.

"Kalau perempuannya sedang fase subur, itu bisa saja terjadi.Kan tidak ada yang tahu bagaimana pria pria dikolamrenangkalau lihat perempuan," ujarnya. Dr Yassin mengatakan siapapun yang mengatakan bahwa kolam renang dapat menjadi mediasi pembuahan pada manusia, hal itu adalah pernyataan yang tidak berdasar secara ilmiah. Pernyataan itu lebih sebagai mitos belaka.

"Kalau buat saya, siapapun yang ngomong, intinya saya rasa itu bagian dari mitos yang dipercaya masyarakat sejak zaman dulu." "Mitos itu ya dengan sendirinya ya mitos, dia hanya pemahaman pemahaman orang awam yang tidak pernah terbukti kebenarannya dan tidak memiliki dasar ilmiah sehingga pemikiran tersebut boleh diabaikan," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (22/2/2020) malam. Menurut dr Yassin, proses reproduksi atau pembuahan sangatlah kompleks.

Cairan sperma yang dikeluarkan oleh laki laki, lanjut dr Yassin, akan mengering dalam beberapa menit. Ketika sperma mengering secara otomatis kandungan spermanya akan mati dan tidak aktif. "Sperma itu begitu dikeluarkan ke lingkungan luar tubuh, beda suhu, beda lingkungan, langsung mati dia. Gak berapa lama. Sehingga saat dia dilepaskan di kolam renang pun gak akan memiliki kemampuan mencari jalan sendiri dan membuahi. (Pernyataan wanita bisa hamil karena berenang bersama laki laki) itu tidak berdasar dan tidak memiliki kebenarannya," ujar dia.

Dr Yassin menegaskan sekalipun sperma kuat dan wanita mengalami masa subur, dipastikan pembuahan tidak akan terjadi sepanjang tidak terjadi hubungan seksual. "Apapun kondisinya udah pasti nggak akan bisa. Itulah yang saya bilang kecuali bikin anak di kolam renang. Ya dia hubungan seksual ya itu beda lagi. Tapi kalau ini kan berenang bersama lalu dikhawatirkan ada enjakulasi dini diam diam lalu pemikirannya spermanya bisa berjalan sendiri melewati atau membuahi secara tidak sadar. Gak mungkin begitu. Secara ilmiah jelas tidak mungkin," jelas dia. Dr Yassin menegaskan, kolam renang tidak bisa menjadi perantara bagi sperma menuju ke saluran reproduksi perempuan.

Menurut dr Yassin, pemikiran yang mengatakan kolam renang dapat menjadi mediasi atau perantara sperma sehingga dapat menyebabkan wanita yang berenang hamil telah ada sejak zaman dulu. Pemikiran itu menjadi bagian mitos yang berkembang di masyarakat. Yassin mengungkapkan saat dirinya mem posting di akun instagramnya bahwa kolam renang tidak bisa menjadi perantara sperma, banyak warganet yang memberi respons bahwa mereka menjadi korban dari mitos tersebut.

"Setelah saya nge post tadi, nggak mungkin (berenang bareng bisa hamil), banyak yang merespons,'oh gara gara mitos ini jadi saya nggak bisa, takut berenang'." "Jadi dari kecil banyak netizen yang mengaku bahwa dia gak bisa berenang saat dewasa karena waktu kecil takut berenang karena takut hamil. Saya rasa ini bagus juga ini di share ke masyarakat. 'Ini mitos saya zaman waktu SD ni. Saya percaya lho'," ujar dia. Lantaran mitos, dr Yassin meminta pendapat yang menyebut wanita berenang di kolam renang bersama lali laki bisa hamil untuk diabaikan.

"Jadi pernyatan itu mitos yang tidak benar, abaikan saja," ujar dia.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close