Bisnis

Indonesia Butuh SDM Tangguh ala Eropa & Asia Timur buat Jadi Negara Maju

Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristekbrin) menyatakan, membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh merupakan prasyarat untuk bisa jadi negara maju atau high income country dengan pendapatan perkapita diatas 12.000 dolar Amerika Serikat (AS). Menristek atau Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, pertanyaannya adalah apa yang akan dilakukan oleh SDM tangguh tersebut agar ekonomi negara berbasis inovasi. "Harus pertama kali menjadi pemikiran dari kita semua yaitu Indonesia memiliki sumber daya alam luar biasa. Kalau kita contoh negara maju di Eropa Barat atau di Asia Timur, mereka bisa menjadi negara maju benar benar hanya mengandalkan SDM nya, tidak pakai Sumber Daya Alam (SDA)," ujarnya saat teleconference, Sabtu (4/7/2020).

Bambang menjelaskan, Indonesia mempunyai kelebihan SDA yang melimpah meski dianggap beberapa pihak sebagai kutukan. "Ini dapat membuat kita jadi tidak rajin, menjadi tidak produktif untuk membawa jadi negara maju dengan pendekatan teknologi dan inovasi. Menurut saya yang harus menjadi sumber utama inovasi adalah bagaimana kita memaksimalkan nilai tambah dari SDA," katanya. Selain itu, lanjut dia, ketika Indonesia jadi negara maju juga posisinya harus jelas apakah ingin jadi negara berbasis industri atau inovasi.

"Berbasis industri itu seperti Korea Selatan atau negara Eropa dan Jepang pada masa lalu atau kita mau jadi negara maju yang tetap berbasis inovasi. Namun, bisa memaksimalkan nilai tambah yang ada di sumber daya alam kita, tentunya ini tidak boleh dilupakan dan harus menjadi perhatian kita semua," pungkasnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close