Travel

Hotel yang Berubah Jadi Perkampungan Kumuh Tertinggi di Dunia Torre de David

Sekilas bangunan ini terlihat seperti hotel bintang lima yang sudah lama ditinggalkan. Tidak ada yang istimewa jika kamu menyaksikan bangunan ini dari depan. Namun setelah melihat lebih dekat, kamu akan menemukan fakta unikTorre de David yang tidak banyak orang tahu.

Pembangunan Torre de David dimulai pada 1990 di Centro Financiero Confinanzas, sebuah kompleks perkantoran bertingkat tinggi di Caracas, Venezuela. Pada 1994, karena krisis perbankan dan kematian investor utama bangunan tersebut, David Brillembourg, gedung pencakar langit ini menjadi terbengkalai. Sampai kemudian pada 2007, penghuni liar mulai tinggal di sana.

Gedung berlantai 45 itu sekarang ditinggali sekitar 3.000 penduduk liar. Torre de David seolah menjadi sebuah negara tersendiri. 28 lantai pertama digunakan oleh penduduk biasa.

Mereka biasanya membayar 200 bolivar setara Rp 416 ribu untuk mendapatkan beberapa fasilitas, termasuk patroli keamanan 24 jam. Para delegasi menara bertanggung jawab untuk menjaganya agar tetap bersih. Tidak ada lift sehingga penduduk menaiki tangga untuk sampai ke rumah mereka.

Ada dokter gigi, beberapa toko dan salon kecantikan juga di menara. Menara ini dikenal sebagai pusat kejahatan, narkoba dan kehidupan yang bebas. Dikatakan polisi sering menyerang menara untuk mencari korban yang diculik namun mereka tidak mendapatkan apa apa.

Guillermo Barrios, seorang profesor arsitektur dan urbanisme, menyebut Menara David 'sebagai tempat yang sangat kejam. Ini benar benar di luar kewenangan hukum, dan mereka memiliki hukum mereka sendiri di sana. Menurut Ricardo Jimenez, seorang penyelenggara pendudukan di menara tersebut," Kapitalisme menggunakan perumahan sebagai komoditas, sementara kita melihatnya sebagai hak."

Torre de David bagi penghuni menara adalah sebuah oasis di tengah gurun. Seorang penghuni bangunan, Daisy Monsalve mengatakan, "Mereka selalu mengatakan Torre de David adalah sebuah perkampungan kumuh, tempat ini berbahaya, penjahat tinggal di sini, orang orang dilecehkan di sini, ini dan itu, kita menjual obat obatan terlarang. PSK, penjajah, dan penjahat di sana, hanya pembunuh yang tinggal di sana. Ini dan itu. Padahal kenyataannya, aku sendiri tinggal sendirian di sini dan tak ada yang terjadi padaku. Tidak pernah." Dia juga mengatakan jika menara tersebut adalah tempat yang baik bagi orang orang yang mencari apartemen dengan harga lebih rendah.

Meski Torre de David menjadi tempat terbaik bagi mereka yang tak memiliki uang untuk tinggal, penghuni berharap agar pemerintah memberikan perhatian. Mereka ingin agar pemerintah setempat bisa melakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang lebih baik.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close