Techno

Hindari Kesalahan Umum Fotografi dengan Smartphone

– Sangat praktis digunakan dan selalu dibawa kemana saja, tak mengherankan jika smartphone menjadi andalan bagi sebagian besar orang untuk memotret suatu momen atau kejadian. Namun sayangnya, ketika memotret banyak sekali kesalahan umum yang terkadang tanpa disadari sering dilakukan sehingga mempengaruhi kualitas foto yang diambil. Supaya hal tersebut tak terus terulang, berikut ini lima kesalahan umum fotografi dengan smartphone yang harus dihindari.

Menggunakan satu tangan seringkali dilakukan ketika memotret. Padahal kebiasan ini bisa menghasilkan foto blur akibat tangan yang bergoyang. Agar hasil foto baik, biasakan diri untuk memotret menggunakan kedua tangan atau mini tripod sehingga gambar bebas dari blur. Jadi bagian terpenting dalam memotret, lensa seringkali jadi aspek yang terlupakan. Padahal lensa kamera smartphone sangat rentan terhadap debu dan kotoran yang membuatnya jadi cepat kotor. Oleh sebab itulah, secara rutin bersihkan lensa kamera menggunakan kain lembut (seperti kain pembersih kacamata) sehingga terlihat bersih.

Setelah memotret suatu momen, terkadang pengguna smartphone sering terburu buru berpindah tempat untuk mengabadikan objek lain. Padahal jika terburu buru dalam memotret, hasil foto bisa menjadi blur. Jadi mulai sekarang, bersabarlah dalam memotret. Setelah memencet tombol shutter biasakan untuk diam sejenak, dan setelah itu barulah pindah ke objek selanjutnya. Ketika gelap terkadang menggunakan lampu flash jadi solusi yang paling sering dilakukan agar foto terlihat jelas. Namun fitur ini bisa menjadi boomerang yang membuat foto terlihat tidak natural. Karena itu, sebisa mungkin manfaatkan saja cahaya alami yang ada di sekitar objek agar hasil foto terlihat baik.

Bagi mereka yang masih ‘awam’, kamera smartphone hanya digunakan begitu saja. Padahal banyak sekali mode atau fitur dalam kamera smartphone yang bisa dimanfaatkan. Contohnya memanfaatkan mode manual atau profesional yang memungkin untuk mengatur sendiri ISO, White Balance, Focus, Shutter Speed, Exposure, dan Fokus kamera. Atau jika masih belum ‘ahli’ menggunakan mode di atas, bisa juga memanfaatkan mode lain yang telah diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna dalam mengambil gambar.

Contohnya pada smartphone vivo V15. Demi memudahkan penggunanya dalam mengambil foto, smartphone satu ini menyediakan beragam mode (selain mode professional) yang bisa diterapkan. Misalnya mode AI Super Night Mode yang bisa digunakan untuk pemotretan di malam hari atau kondisi kurang cahaya, dan mode AI Super Wide Angle yang membuat latar foto terlihat luas bila dibandingkan mode biasa. Ilustrasi foto yang memanfaatkan mode Wide Angle. (Muh Syahid Dzulkifli)

Dengan memanfaatkan beberapa mode di atas, hasil foto pun terlihat jauh lebih baik dan membuat puas ketika dilihat. Jika belum memiliki kamera smartphone yang bagus, V15 atau V15 Pro sangatlah bisa diandalkan. Untuk keunggulan V15 lainnya, bisa langsung . Apalagi kini setiap pembelian kedua smartphone tersebut di gerai offline yang bekerja sama dengan vivo, atau di e commerce seperti Akulaku, Lazada, Shopee, JD.ID, Tokopedia, dan Blibli hingga tanggal 30 Juni 2019, bisa berkesempatan mengikuti ‘Bersama Rayakan Kemenangan’ bisa mendapatkan hadiah utama liburan ke Bali sekeluarga, vivo V15 dan V15 Pro, serta cashback sampai Rp300.000.

Informasi lebih lanjut tentang program “Bersama Rayakan Kemenangan” bisa diakses pada situs .

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close