Otomotif

Hanya Dua Langkah untuk Deteksi Overcharge Aki yang Bikin Tekor

Akimotor bisatekor atau rusak akibat overcharge. Overcharge ini diakibatkan oleh rusaknyakiprokatau regulator. Sehingga pengisianakidari sepul bisa berlebihan dan mengakibatkanakimenjadi rusak atau tekor. "Kalaukiprokrusak tentu daya listrik yang berlebih tidak bisa ditahan dan masuk keaki," bilang Tomy Huang owner Bintang Racing Team (BRT).

"Akibatnya aki bisa gampang tekor meskipun sudah diganti terus menerus," bilangnya lagi. Deteksi aki yang overcharge juga bisa dilakukan dengan dua langkah ini. "Selain aki yang terus menerus rusak meskipun sudah diganti pasti ada bohlam lampu yang gampang putus," terangnya.

Cara lain juga bisa menggunakan multitester atau avometer. "Sambungkan knob merah ke positif dan hitam ke negatifakilalu hidupkan mesin motor," terangnya. "Kalau voltase melebih 14,8 volt berarti pengisian overcharge,kiproksudah pasti rusak dan harus diganti," wanti Pak Tomy.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close