Travel

Gonggong, Kuliner Khas Pulau Bintan yang Jadi Ikon Kota Tanjung Pinang

Tidak hanya menawarkan destinasi wisata alam yang menarik, Pulau Bintan juga memiliki beragam kuliner khas yang patut untuk dicoba. Salah satu kuliner khas Pulau Bintan adalah Gonggong. Gonggong yang memiliki nama latin Canarium Stroumbus ini merupakan sejenis siput atau kerang laut yang menjadi santapan khas Pulau Bintan.

Selain itu, Gonggong ternyata juga menjadi ikon Kota Tanjung Pinang dengan Gedung Gonggong yang memiliki rancangan seperti Keong Mas di Taman Mini Jakarta. Gonggong sendiri mrupakan biota laut endemik yang banyak hidup di perairan laut Kepulauan Bintan. Tidak hanya lezat, Gonggong juga memiliki kandungan gizi yang tidak main main.

Dilansir dari laman sarihusada.co.id , nilai gizi makro per 100 gram Siput Gonggong antara lain karbohidrat 4.1 persen dengan nilai gizi 16.4 kalori, Protein 31.19 dengan nilai gizi 124.8 kalori dan lemak 24.9 persen dengan nilai gizi 224.1 kalori. Selain Itu sebagian masyarakat di Tanjung Pinang menyakini gonggong bermanfaat untuk pertumbuhan hormon, meningkatkan stamina. Karena mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak maka gonggong dapat menjadi pilihan seafood yang kaya gizi dan sehat.

Namun, tidak semua gonggong nikmat untuk disantap. Ada beberapa jenis gonggong yang memiliki cita rasa yaitu Gonggong Cangkang Tipis (berwarna putih), Gonggong Ayam (kecil dan berwarna hitam), Gonggong Cangkang Tebal, dan Gonggong Merah Cangkang Tebal. Cara penyajian Gonggong termasuk gampang karena tidak diperlukan bahan khusus, hanya perlu direbus.

Setelah direbus “capit” gonggong akan keluar, untuk mengurangi rasa amis, biasanya akan ditambahkan garam dan jahe dalam rebusan gonggong. Untuk cara makannya sendiri cukup unik, saat kamu memesan seporsi gonggong kamu juga diberi tusuk gigi, tujuannya mempermudah mengambil isi daging di dalamnya. Selain itu disediakan juga saus sambal atau saus kacang untuk dicocol bersama gonggong.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close