Kesehatan

Efek Samping Kebanyakan Makan Timun

Timun atau mentimun punya kandungan gizi yang menyehatkan. Namun, banyak mengonsumsi timun dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik buat kesehatan. Dikutip Style Craze, timunyang segar ini bisa memicu kondisi kondisi yang tak diinginkan pada tubuh kita. Walau terdengar aneh, konsumsi makanan sehat berlebihan justru bisa menimbulkandampaknegatif, tak terkecualimentimun.

Simak 4 efek samping mengonsumsi timun secara berlebihan. Biji timun adalah sumber cucurbitin, bahan yang dikenal memiliki sifat diuretik bawaan. Meskipun sifat diuretiknya ringan, asupan yang berlebihan terbukti dapat memberikan efek negatif. Ketika tertelan dalam jumlah besar, bahan diuretik ini menghasilkan eliminasi cairan yang berlebihan dari tubuh.

Kehilangan cairan berlebihan dapat menghambat keseimbangan elektrolit. Dalam kondisi ekstrem, ini bisa membuat kita benar benar dehidrasi. Mentimun mengandung lebih dari 90persen air di dalamnya. Konsumsi mentimun terlalu banyak menyebabkan asupan air berlebih. Asupan air yang terlalu tinggi akan menyebabkan volume darah meningkat. Ini dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan jantung.

Akibatnya jantung dan pembuluh darah akan mengalami kerusakan yang tidak diinginkan. Kadar air yang berlebihan juga bisa menciptakan ketidakseimbangan kadar elektrolit darah. Ini akan menyebabkan sakit kepala yang sering dan kesulitan bernapas. Timun, seperti yang disebutkan di atas, mengandung bahan yang disebut cucurbitacin.

Unsur ini dapat memicu gangguan pencernaan pada orang orang tertentu, terutama jika mereka memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Gangguan pencernaan memicu perut kembung, yang rasanya tentu tak nyaman. Kembung ini disebabkan produksi gas berlebihan, yang biasanya akan berusaha dibuang tubuh melalui sendawa dan buang angin.

Mentimun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memang dikenal sebagai zat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi jikaAndamengonsumsi mentimun berlebihan, ini akan menyebabkanoverdosisvitamin C. Kelebihan asupan vitamin C menyebabkan hal hal negatif. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin C justru dapat memicu penyebaran radikal bebas dalam tubuh.

Ini dapat meningkatkan risiko kanker, serta penuaan dini.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close