Travel

Desa ini Namanya Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch

Kabut tebal dan dingin yang menembus seluruh badan saat tiba di sebuah perkampungan. Desa lanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch di wilayah negara Wales. Desa ini unik karena namanya yang sangat panjang. Wikipedia mencatat, desa berada di pulau Anglesey di Wales, Britania Raya. Desa ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai tempat yang namanya terpanjang di Britania. Suhu udara saat musim dingin di desa ini sekira 0 3 derajat celsius, kadang bisa mencapai di bawah nol. Desa dengan nama terpanjang ini menjadi salah satu obyek wisata unik yang bisa dikunjungi oleh masyarakat dunia.

Dono Widiatmoko yang sudah puluhan tahun tinggal di Kota Manchester Inggris ini bercerita, desa ini mirip dengan kota pensiunan. Desa ini terletak di Pulau Anglesey, yang hanya terpisah oleh Selat Menai dengan daratan kerajaan Wales. Wikipedia mengungkap, nama tempat ini diciptakan pada 1860 an oleh seorang penjahit setempat untuk membuat desa ini terkenal karena memiliki stasiun kereta api dengan nama terpanjang. Saat disambangi, Desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch ini memang sepi. Namun, banyak turis manca negara datang dan berfoto bersama, mengabadikan nama desa ini yang cukup unik dan sulit untuk diucapkan.

"Singkatnya, nama desanya Desa Gogoch, biar mudah," Wahyu Hansudi, salah seorang warga Indonesia yang kebetulan sedang berada di desa ini saat ditemui. Dono yang juga salah seorang pengajar program pasca sarjana bidang kesehatan masyarakat di University of Derby Inggris ini mengungkap populasi di desa ini kurang lebih 3.100 jiwa. Mayoritas, sekitar 70 persen penduduknya berbahasa Welsh, yaitu bahasa tradisional penduduk Wales. "Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Nama ini sebenarnya menggambarkan lokasi desa ini secara detail, " kata Dono.

Terdapat sebuah gereja, Saint Mary's Church di tempat pohon hazel tumbuh dekat pertemuan air selat dan Gereja St. Tysilio. Dekat gua batu merah. Dono mengiyakan, jika desa ini sehari harinya sepi karena sebagian besar penduduknya adalah pensiunan. "Desa ini mempunyai satu stasiun kereta api yang melayani jalur menuju Kota Bangor di daratan Utama Wales. Mengingat lokasinya yang berada dekat pantai sebuah pulau, desa ini cukup berangin dan sering hujan," cerita Dono. "Di musim panas pulau ini menjadi kawasan wisata, karena pemandangan alamnya yang sangat menarik," katanya.

JIka berkesempatan ke desa ini, jangan lupa membawa jaket hangat dan sayang jika hanya sebentar berada di desa ini.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close