Otomotif

Dengan ePedal, Nissan Leaf Hadirkan Sensasi Mengemudi yang Mengasyikkan

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengaadakan test drive Nissan Leaf untuk merasakan sensasi mengemudi mobil listrik ini di Karawang, Senin (9/9/2019). Melalui test drive ini, kita bisa membuktikan bahwa Nissan Leaf memberikan sensasi mengemudi yang mengasyikkan lewat fitur canggih ePedal, yang menyatukan gas dan rem dalam satu pedal. Senior Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jauhari Adzannis menjelaskan, fitur ini menggabungkan pedal gas dan rem pada satu pedal.

Pada fitur ini pengemudi dapat melakukan pengereman secara otomatis saat pedal gas dilepas, dan saat pedal gas di injak, maka sistem pengereman akan otomatis tidak berfungsi. "Pengemudi dapat menseting fitur ini dengan mengaktifkan sistem ePedal yang ada pada konsol di dekat tuas perseneling," kata Jauhari. Hadirnya fitur ePedal sangat memberikan kenyaman pengemudi saat menemui kemacetan di dalam kota.

Dengan fitur ini pengemudi hanya menggunakan satu pedal untuk melakukan gas dan rem. Untuk urusan jarak tempuh, Nissan Leaf mampu menempuh jarak sejauh 280 Km dalam kondisi baterai terisi penuh. "Jarak sejauh 280 Km ini merupakan jarak tempuh pada jalanan perkotaan khususnya Indonesia, dengan tingkat kemacetan tinggi dan penggunaan ac secara non stop," ujar Jauhari.

Nissan Leaf dibekali baterai Lithium ion berkapasitas 4000 Watt, dan mampu melaju hingga 120 wh/km. Pengisian daya Nissan Leaf membutuhkan waktu sekitar 12 jam agar baterai terisi penuh. Sementara dengan mode pengisian cepat, Nissan Leaf hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk mendapatkan kapasitas baterai hingga 80%. Dalam hal performa Nissan Leaf, akselerasi yang dimiliki sangat responsif. Terbukti saat dilakukan pengetesan pada lintasan lurus Nissan Leaf mampu meraih top speed hingga 140 kpj.

Pada pengetesan handling, meski memiliki stir yang ringan namun tetap stabil dan melibas tikungan dengan kecepatan 60 kpj, saat kecepatan tinggi kestabilan Nissan Leaf tetap teruji dengan melakukan manuver menghindari rintangan di lintasan. Nissan mulai memasarkan Leaf di Indonesia pada tahun 2020.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close