Pendidikan

Demi Kesehatan Jantung Lengkap dengan Terjemahan Arti Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

Inilah bacaan niat puasa Senin Kamis beserta keutamannya. Bacalah niat puasa Senin Kamis berikut ini sebelum melaksanakan ibadah puasa Senin Kamis. Menjalankan ibadah puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan menjalankan puasa Senin Kamis karena amalan amalan manusia diperiksa di hapadan Allah pada hari Senin dan Kamis.

"Amal amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan sudaranya terjad permusuhan…" (Al Hadist: 4). Selain itu, keutamaan puasa serta ibadah lainnya di hari Senin dan Kamis adalah karena pintu pintu surga dibukakan pada dua hari tersebut. "Pintu pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa dosanya kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, "Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR Muslim).

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad juga bersabda tentang puasa Senin Kamis ini. "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi no 747 Inilah niat puasa sunnah Senin dan Kamis beserta bacaanya dalam huruf latin dan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa'ala Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala"

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala."

Tata cara melaksanakan puasa Senin Kamis ini sama dengan puasa wajib di bulan Ramadan. Puasa Senin Kamis dimulai dengan niat dan santap sahur, lalu menyegerakan berbuka puasa jika sudah waktunya. Kenapa puasa sunnah dilakukan hari Senin dan Kamis?

Bolehkan dilakukan secara terpisah? Beberapa orang bertanya kenapa puasa sunah harus dilakukan pada hari Senin dan Kamis? Kenapa tidak di hari lain, misalnya Senin Selasa?

Senin dan Kamis merupakan hari istimewa. Pada hari Senin dan Kamis adalah hari amal amal akan diperlihatkan. تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Diperlihatkan amal amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi), dilansir dari bersamadakwah.net. Pada hari Senin Kamis amal akan dilaporkan. Dan pada hari itu pula Allah akan mengampuni setiap dosa hambanya.

Selain itu, di hari Senin Kamis juga pintu surga akan dibuka. تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ “Pintu pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim), dilansir dari bersamadakwah.net.

Berdasarkan hadits Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam merutinkan puasa hari senin dan kamis. Lalu apakah ini satu kesatuan, dua ibadah puasa yang berbeda?. Para ulama menegaskan, puasa di dua hari ini bukan satu kesatuan. Artinya, orang boleh puasa senin saja atau kamis saja. Karena tidak ada perintah dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa dua hari itu harus dipasangkan, demikian pula tidak ada larangan dari beliau untuk puasa senin saja atau kamis saja.

Dalam Fatwa Syabakah Islamiyah dinyatakan, ويستحب صيام الخميس من كل أسبوع في المحرم وغيره، وليس استحباب صيامه مرتبطا بصيام الاثنين قبله , بل يشرع لك أن تصومه وإن لم تصم الاثنين؛ لأن الأعمال تعرض يوم الخميس، وقد روى أبو داود في سننه: أن نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ، وَسُئِلَ عَنْ ذَلِكَ؟ فَقَالَ: إِنَّ أَعْمَالَ الْعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ . اهــ Dianjurkan untuk berpuasa sunah hari kamis di setiap pekan, baik ketika bulan muharram maupun di luar muharram. Dan anjuran puasa hari kamis tidak ada kaitannya dengan puasa senin sebelumnya. Bahkan anda dianjurkan untuk puasa hari kamis, sekalipun anda tidak puasa hari senin. Karena amal manusia dilaporkan di hari kamis. Diriwayatkan Abu Daud dalam sunannya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa puasa setiap senin dan kamis. Ketika beliau ditanya alasannya, beliau bersabda, “Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.”

(Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 192137), dilansir dari konsultasisyariah.com 1. Niat Niat puasa Senin Kamis dilakukan di malam hari sebelum terbit fajar atau pagi hari saat sahur.

Adapun niat puasa sunnah senin dan kamis adalah sebagai berikut : نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى “Nawaitu sauma yaumal itsnaii sunnatan lillahi tana'ala”

Artinya: “Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.” نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana'ala” Artinya: “Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

2. Sahur Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa. Namun ketika tidak sahur karena terlambat bangun, puasanya tetap sah.

3. Menahan diri dari hal hal yang membatalkan Puasa yakni menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu dari sejak terbit hingga terbenamnya matahari. 4. Berbuka

Buka puasa dilakukan ketika matahari terbenam. 1. Membuat jantung lebih sehat Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa sama sekali

2. Menjaga daya ingat Dengan puasa Senin Kamis mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Sehingga melindungi otak dari potensi Alzheimer dan Parkinson dan meningkatkan kemampuan daya ingat dan dinilai lebih fokus.

3. Mengurangi resiko diabetes Puasa Senin Kamis dapat mengurangi resistensi insulin. Sehingga gula darah dapat menurun 5 6 persen.

Dan dapat mengurangi resiko komplikasi penyakit diabetes. 4. Mencegah pertumbuhan sel kanker Hasil penelitian menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8 10 jam jelang pengobatan secara rutin tidak merasakan adanya gangguan pencernaan, lemas, atau rasa pegal.

5. Mencegah penuaan dini Puasa bisa memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit pada usia lanjut.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close