Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Oleh karena itu, berbagai macam perawatan dilakukan agar rambut tetap terlihat indah dan sehat. Rambut rontok menjadi salah satu masalah yang membuat para wanita sedikit khawatir. Kerontokan parah bisa menyebabkan rambut menjadi tipis bahkan mengalami kebotakan. Untuk menghindari hal ini, ada beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok.

Lidah Buaya
Tanaman ini mengandung enzim proteolitik. Salah satu manfaat enzim ini adalah merangsang pertumbuhan rambut. Pengaplikasiannya cenderung mudah. Cukup ambil gel lidah buaya tersebut, lalu oles ke seluruh rambut terutama kulit kepala. Biarkan selama 30-45 menit. Selanjutnya bilas rambut menggunakan air dingin. Penggunaan rutin dipercaya mampu membuat rambut menjadi lebat dan kuat.

Kelapa
Santan kelapa mengandung protein yang mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat sehingga membuat rambut menjadi tebal dan tidak mudah rontok. Oleskan santan pada seluruh rambut, dari akar hingga ujung rambut. Pijat perlahan kulit kepala. Lalu biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Cara pengaplikasiannya cukup sederhana. Pijat lembut kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun pada malam hari. Keesokan hari Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air dingin. Penggunaan secara rutin mampu mengatasi rambut rontok dan membuat rambut menjadi lebih indah.

Chia Seed Oil
Chia Seed saat ini menjadi perbincangan oleh banyak kalangan karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Antioksidan yang terkandung di dalam Chia Seed Oil mampu meningkatkan dan menjaga kelembaban alami rambut. Rambut menjadi tidak kering dan akhirnya mudah rontok. Minyak ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Rambut yang tumbuh menjadi tebal dan kuat.

Jeruk Nipis
Tak hanya mampu menghilangkan ketombe, ternyata jeruk nipis memiliki manfaat lain yaitu mengatasi rambut rontok. Potong jeruk nipis dan oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Kemudian bilas menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak Kemiri
Minyak kemiri identik dengan membuat rambut lebih hitam. Ternyata, bumbu dapur ini juga berkhasiat menyuburkan rambuh dan mencegah kebotakan. Cukup bakar kemiri, lalu tumbuk halus hingga menghasilkan minyak. Oleskan ke rambut. Cukup mudah, kan?

Minyak Urang-Aring
Minyak urang-aring bisa juga dipakai untuk mengatasi rambut rontok. Rendam daun urang-aring sebentar. Lalu Anda bisa remas-remas daunnya atau giling agar minyaknya keluar. Kemudian aplikasikan minyaknya ke rambut Anda.

Bawang Merah
Ambil satu siung bawang merah lalu haluskan. Kemudian aplikasikan ke rambut Anda. Biarkan beberapa menit. Jangan terlalu lama agar bau bawang merah tidak terlalu menempel di rambut Anda.

Teh Hijau
Anda bisa menggunakan air hangat untuk menyeduh teh hijau. Lalu basahi kepala dengan menggunakan seduhan teh hijau tersebut. Biarkan selama kurang lebih satu jam. Lalu bilas menggunakan air dingin.

Minyak Jojoba
Minyak dari biji tanaman Zizyphus jujube ini jika diaplikasikan pada rambut botak ternyata mampu menumbuhkan rambut lebih cepat daripada tidak menggunakan minyak jojoba ini. Rambut yang tumbuh juga lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Nah, ada banyak pilihan cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaannya di sekitar Anda, ya! Pola hidup yang sehat juga mampu menghindari rambut dari kerontokan. Gunakan sisir yang tepat dan menyisirlah dengan cara yang juga tepat. Selamat mencoba. Semoga rambut Anda semakin indah, kuat, dan tebal. Masalah rambut rontok tidak akan Anda alami lagi.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close