Otomotif

BMW Motorrad Umumkan Fitur Active Cruise Control buat Motor Masa Depan

BMW Motorrad telah mengumumkan fitur keselamatan dan kenyamanan Active Cruise Control (ACC) sebagai fitur baru untuk motor besutannya. Ini adalah sistem bantuan pengendara yang akan dimasukkan ke dalam sepeda motor BMW Motorrad untuk model masa depan. Sistem ACC akan menyesuaikan motor dengan kecepatan kendaraan yang ada di depan.

Ini bukan teknologi baru dan sudah banyak digunakan pada mobil, namun belum menjadi fitur standar di sepeda motor hingga saat ini. Mengutip dari Indian Auto Blog, Jumat (3/7/2020), BMW Motorrad akan segera menawarkan sistem bantuan pengendara jenis ini pada motor motornya, sehingga akan memberikan pengemudi sepeda motor pengalaman berkendara yang baru. Pabrikan asal Jerman mengembangkan sistem bantuan pengendara Active Crusie Control bekerja sama dengan mitranya yakni Bosch.

ACC akan memberikan kenyamanan maksimum untuk pengendara sepeda motor berjenis touring. Sistem secara otomatis mengatur kecepatan kendaraan ketika jarak ke kendaraan di depan dikurangi, berdasarkan pengaturan yang ditentukan oleh pengendara dan jarak ini bisa bervariasi terbagi dalam tiga tahap. Baik kecepatan berkendara maupun jarak ke kendaraan di depan dapat diatur dengan nyaman menggunakan tombol, pengaturan ini ditampilkan pada instrumen TFT.

BMW Motorrad ACC baru memiliki dua karakteristik kontrol yang dapat dipilih yakni nyaman atau dinamis. Di mana akselerasi dan deselerasi berubah sesuai menu yang dipilih. Kontrol jarak juga dapat dinonaktifkan agar dapat menggunakan Dynamic Cruise Control (DCC).

BMW Motorrad Active Cruise Control juga berfungsi saat pengendara menikung. Kecepatan sepeda motor berkurang secara otomatis jika diperlukan. Namun, dengan sudut kemiringan yang tinggi, dinamika pengereman dan akselerasi menjadi terbatas.

Hal ini untuk mempertahankan kemampuan kendaraan agar stabil dan tidak mengganggu pengendara lain dengan pengereman atau akselerasi yang mendadak. Saat ini, perusahaan sepeda motor asal Jerman tersebut belum mengungkapkan rincian spesifik kapan dan di mana sepeda motor BMW Motorrad dengan fitur ACC akan diperkenalkan.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close