Travel

6 Kuliner Enak yang Wajib Dicoba Sekitar Dieng Culture Festival 2019

Gelaran acara Dieng Culture Festival ke 10 'The Inspiration of Culture' akan kembali diadakan 2 4 Agustus 2019 mendatang. Acara Dieng Culture Festival (DCF) bertempat di Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Beragam acara menarik bisa kamu saksikan di acara Dieng Culture Ferstival ini mulai dari Jazz di atas awan, pemotongan rambut gimbal, Sky Lantern Festival dan masih banyak acara menarik lainnya.

Saat mengunjungi Dieng, tentunya kamu tidak ingin melewatkan beragam kuliner yang lezat sekaligus untuk menghangatkan badan di udara yang dingin. Berikut enam kuliner Dieng yang bisa kamu coba cicipi ketika mengikuti gelaran acara Dieng Culture Festival (DCF) 2019 mendatang. Diberi nama tempe kemul karena tempe ini digoreng dengan diberi kemul yang artinya selimut dari tepung terigu.

Tepung terigu yang dilumurkan ke tempe dibuat cukup tebal dan lebar, sehingga ukuran tempenya menjadi cukup besar. Tempe kemul diberi bumbu yang membuat rasanya semakin gurih dan bertekstur renyah. Supaya lebih enak, biasanya tempe kemul dinikmati sambil dicocol dengan sambal.

Dodol carica merupakan camilan sekaligus oleh oleh yang bisa dibeli saat liburan ke Dieng. Teksturnya kenyal dan memiliki rasa khas karena dibuat tanpa bahan pengawet. Cara membuatnya hampir mirip dengan membuat dodol pada umumnya, yakni buah carica dihaluskan kemudian dicampurkan ke dalam adonan dodol.

Carica merupakan buah yang mudah dijumpai di Dieng. Buah ini masih masuk dalam satu rumpun dengan pepaya, hanya berbeda bentuk dan ukurannya. Ukuran buah carica lebih kecil dan rasanya sedikit masam.

Untuk tekstur buah, daging buah carica lebih kenyal dibanding pepaya. Mi ongklok memiliki tekstur kenyal yang disajikan dengan siraman kuah kental dan gurih. Biasanya mi ongklok dimakan dengan tambahan sate atau tempe kemul agar lebih lezat.

Tak hanya itu, mi ongklok juga diberi kuah sambal kacang sehingga menciptakan rasa yang tak ada duanya. Biasanya ketika udara di Dieng sedang dingin, mi ongklok menjadi menu pilihan untuk menghangatkan tenggorokan. Ketika liburan ke Dieng, cobalah untuk membeli kentang.

Konon kentang goreng di Dieng ini sangat terkenal di seluruh kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Hal ini dikarenakan kentang di kawasan Dieng memiliki kadar air rendah dan daya tahannya lama. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan membeli kentang goreng sambil menikmatinya dengan jalan jalan di kawasan Dieng.

Tak hanya makanan, kamu juga perlu mencoba minuman yang satu ini. Kopi Pede merupakan sebuah singkatan yang berasal dari nama Kopi Purwaceng Dieng. Kopi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yakni untuk menambah stamina, menghangatkan badan, hingga penambah kesuburan pria.

Di kawasan Dieng kamu bisa dengan mudah menjumpai kopi pede ini. Hal ini dikarenakan bahan utama pembuat kopi ini mudah ditemukan di sela sela tanaman kentang Dieng.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close