Travel

5 Piramida Tersembunyi di Kota Kuno Suku Maya, Ada yang Mirip Piramida Penyihir di Kartun Doraemon

Sebuah Kota Kuno Suku Maya memang selalu meninggalkan misteri yang menjadi sorotan publik. Sebuah pemetaan lokasi menggunakan sinar laser di Kota Kuno ini berhasil menemukan sederet fakta tentang Suku Maya. Bukan hanya itu ada juga sederet piramida yang sangat tua dan belum banyak diketahui banyak orang.

Deretan piramida ini telah diteliti oleh para arkeolog menggunakan teknologi paling canggih untuk mengungkapkan misteri yang tersimpan. Bukan perkara mudah untuk menguak misteri piramida di Peradaban Maya ini. Karena banyaknya reruntuhan bangunan yang berusia hingga ratusan tahun menjadi peneliti semakin sulit.

Palenque merupakan sebuah kuil yang telah dibangun di atas makam penguasa setempat. Dinding bagian dalam Palenque bertuliskan 617 hieoglif yang belum diuraikan semuanya. Terdapat sebuah aula dengan 3 kamar yang terletak di puncak piramida.

Pada tahun 1949 terkuak fakta jika salah satu kamar terdapat lorong suci menuju makam penguasa yang penuh dengan harta kuno dan artefak. Wisatawan dilarang untuk mengunjungi makam, sebagai gantinya disediakan pameran makam yang sama persis di Museum Nasional Antropologi, Meksiko. Yaxchilan merupakan piramida tersembunyi yang hanya bisa ditempuh dengan menaiki pesawat kecil untuk menyeberang.

Terdapat hampir 50 bangunan kuno yang tersimpan di Yaxchilan. Mulai dari koleksi patung hingga karya tulis hieoglif Suku Maya kuno. Dulunya para arkeolog yang ingin masuk ke dalam makan penguasa melalui atap kuil.

Di sana terdapat kulit jaguar, mutiara, perhiasan, hingga kalung. Pada tanggal 21 Desember 2012 sebagian Suku Maya mengadakan sebuah upacara api di depan piramida. Upacara tersebut dihadiri sekitar 3.000 penduduk setempat.

Uxmal atau disebut juga piramida pesulap yang sangat mirip dengan piramida dalam film kartun Doraemon. Di mana pangeran harus mempertaruhkan nyawa untuk keabadian penyihir. Tetapi tentu tidak dalam dunia nyata ini, Uxmal ternyata memiliki fakta mengejutkan.

Uxmal dulunya dibangun oleh dewa penyihir bernama Itzamna hanya dalam satu malam saja. Keberhasilan pembangunan ini menjadikannya dewa lokal. Chichen Itza berada di pedalaman hutan rimba.

Ada 9 platform dan 4 tangga dengan total 365 anak tangga untuk menuju puncaknya. Ada sebuah misteri yang masih dipercayai, yakni jika seseorang menghapus lapisan di atas batu maka akan melihat piramida lain yang berukuran lebih kecil. Baru baru ini para peneliti telah mengunakan eksplorasi magnetosfer tanah dan menemukan danau bawah tanah dengan kedalaman mencapai 65 kaki di bawah piramida.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close