Lifestyle

4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menghindari Iritasi dan Cara Mengatasi Iritasi Kulit Usai Facial

Facialmerupakan salah satu perawatan kulit wajah yang lengkap dan populer yang ditawarkan di salon atau klinik kecantikan. Facial merupakan prosedur yang ditujukan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, sel sel kulit mati dan komedo. Perawatan kecantikan satu ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari pembersihan wajah( cleansing ), scrubbing , pemijatan, penguapan, ekstraksi komedo, dan pemakaian masker yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit masing masing pasien.

Orang yang sedang mengalami iritasi atau infeksi pada kulit wajahnya tidak disarankan untuk melakukan facial. Bila tetap melakukan treatment facial meski kondisi kulit wajah sedang tidak memungkinkan justru akan memperparah masalahnya. Alih alih memiliki kulit yang cerah dan bercahaya, sayangnya banyak perempuan yang mengalami iritasi.

Ternyata, iritasi memang kerap terjadi, bila iritasi terjadi pada kulit wajah, kulit wajah tiba tiba menjadi beruntusan dan iritasi hingga menimbulkan rasa panas dan perih hal itumerupakan efek dari beberapa kesalahan yang belum banyak diketahui. Facialmembuat kulit menjadi lebih sensitif untuk sementara waktu. Bila menggunakan sabun pencuci wajah yang kasar akan menimbulkan infeksi atau iritasi.

Perawatan wajah yang lengkap sudah pasti akan melakukan eksfoliasi pada kulit wajah. Setelahfacial,jangan gunakantonerlagi pada saat membersihkan wajah di malam hari. Kulit wajah akan menjadi kering bila diberi toner.

Iritasi dapat terjadi setelahfacial bila langsung menggunakan makeuptebal. Usai menjalani perawatanfacial,cobalah hindari penggunaan makeupfull coverage selama satu hari. Iritasi biasanya terjadi karena usaifacial,pori pori wajah biasanya masih terbuka lebar.

Dengan menggunakanmakeuptebal akan menyumbat kembali pori pori dan akhirnya menimbulkan iritasi bahkanbreakout. Disarankan untuk tidak menggunakan makeup 3×24 jam setelah melakukan perawatan wajah facial. Satu lagi kesalahan yang banyak orang lakukan usaifacial adalah berolahraga.

Olahraga dapat meningkatkan panas tubuh dan keringat yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang baru saja eksfoliasi. Terlebih lagi bila olahraga atau beraktivitas dibawah sinar matahari secara langsung, kulit akan mengalami iritasi. Seperti dikutip dari Livestrong , kondisi kulit yang iritasi memerlukan perhatian dan perawatan lebih.

Apabila kulit terlanjur mengalami iritasi, inilah yang disarankan oleh para ahli kulit: Manfaatkan bahan alami untuk mengompres dan mendinginkan kulit wajah. Misalnya dengan menggunakan masker mentimun.

Iris mentimun atau parutan mentimun memberikan rasa nyaman serta membantu memulihkan kulit iritasi jauh lebih cepat. Caranya mudah, aplikasikan mentimun selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Pilih pembersih wajah yang mengandung susu atau yang diformulakan untuk kulit berjenis sensitif.

Aplikasikan secara lembut dengan gerakan melingkar dan hindari memakai deep cleansing atau sabun muka dengan scrub . Gunakan sedikit toner untuk membantu melembabkan dan mengangkat sisa sel kulit mati. Kompres kulit dengan es batu untuk mengurangi peradangan dan kemerahannya.

Aplikasikan sunblock setiap bepergian dan beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah paparan sinar UV A dan UV B. Dalam kurun waktu tiga hari umumnya kulit akan membaik kondisinya. Namun apabila semakin parah, kemerahan dan beruntusan, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mendapatkan perawatan lebih intensif.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close