Techno

29 Ribu Data Pribadi Karyawan Facebook Dicuri dari Sebuah Hard Drive yang Hilang

Data pribadi dan perbankan milik 29 ribu karyawan Facebook dikabarkan dicuri. Pencurian ini disebabkan sebuah hard drive yang tak terenskripsi telah dicuri dari sebuah mobil milik karyawan bagian payroll Facebook. Mengutip dari laman The Verge pada Minggu (15/12/2019), hard drive itu berisi informasi ribuan pekerja Facebook di Amerika Serikat yang dipekerjakan sejak 2018.

Informasi yang berada dalam hard drive tersebut adalah nama karyawan, nomor rekening, empat digit terakhir nomor jaminan sosial, besar gaji, bonus dan ekuitasnya. Setelah dicuri, Facebook kemudian melakukan konfirmasi kepada karyawan yang mengalami pencurian, melalui email. Meski data yang ada di hard drive bukanlah data penggunanya. Namun, menimbulkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana Facebook mencegah masalah keamanan data.

Ditambah lagi, hard drive yang dibawa oleh salah satu karyawan Facebook tersebut tidak dilakukan enskripsi untuk melindungi data di dalamnya. Dalam hal ini Facebook baru memberitahukan masalah ini kepada karyawan yang datanya dicuri satu bulan setelah kejadian.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close