Pendidikan

10 Universitas Swasta Terbaik Indonesia 2019, Tak Lolos SBMPTN Bisa ke UII, Atma Jaya Hingga UMS

Selasa (9/7/2019) lalu,hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan. Sebanyak 168.742 peserta dinyatakan lolos dari total keseluruhan pendaftar yaitu 714.652. Bagi kamu yang tidak lolos dalam seleksi PTN tersebut, bisa jadi salah satu universitas swasta ini adalah jalan kamu.

Pemeringkatan PTS tahun 2018 berdasarkan 100 PT terbaik menurut Kemenristekdikti. Indikator penilaian Kemenristekdikti ini mengacu pada lima komponen. Komponen tersebut diantaranya: kualitas SDM, kelembagaan, kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta kualitas inovasi.

Universitas Islam Indonesia merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. UII beralamat di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Fakultas di Universitas Islam Indonesia diantaranya:

UII merupakan almamater dari mantan Menteri Pertahanan dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Mohammad Mahfud MD. Prof Mukti Ali, Mantan Menteri Agama Republik Indonesia juga merupakan lulusan dari UII Unika Atma Jaya memiliki kampus utama yang berlokasi di kawasan Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Menurut survei terbaru dari Majalah Globe Asia (2008) Unika Atma Jaya mendapat ranking 3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia. Fakutas di Unika Atmajaya diantaranya: Unika Atma Jaya pernah memenangkan ASEAN Energy Awards dalam ASEAN Energy Competition yang diselenggarakan oleh ASEAN Centre for Energ y pada tahun 2006.

UniversitasTelkomatau disebut juga dengan Tel U memiliki kampus utama di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tahun 2013, Institut TeknologiTelkom(ITTelkom) ditugaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai penyelenggara Kontes Muatan Roket Indonesia (Komurindo 2013) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Fakultas di Tel U diantaranya:

Sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya di Jakarta, dan berdiri sendiri sebagai Yogyakarta. Daftar Fakultas: Universitas Katolik Parahyangan atau disingkat Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta terletak di kota Bandung.

Universitas Katolik Parahyangan memiliki 7 Fakultas, yaitu: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta jurusan Ilmu Agama, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, serta Program Pasca Sarjana.

UMS terletak di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Daftar fakultas: Unika Soegijapranata adalah perguruan tinggi swasta pertama di jawa tengah yang berhasil mendapatkan akreditasi "A".

Tahun 2016, Unika Soegijapranata dipercaya oleh Kemenristek Dikti menjadi salah satu dari 40 perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI). Daftar fakultas di Unika Soegijapranata diantaranya: Universitas Bina Nusantara (Binus) berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Universitas Binus memiliki program kuliah satu gelar, program kuliah ganda, program kuliah internasional, program kuliah daring, dam program Master Track, untuk mendapat gelar sarjana dan magister. Universitas Kristen Petra disebut juga UK Petra atau UKP berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Daftar fakultas di UK Petra meliputi:

Diatas merupakan pilihan universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa jadi referesi kamu melanjutkan pendidikan.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close