Travel

10 Tempat Wisata di Gunungkidul Ini Bisa Dikunjungi Tak Hanya Pantainya

Liburan ke Jogja, traveler bisa mengunjungi tempat wisata di Gunungkidul. Tempat wisata di Gunungkidul tak hanya pantainya yang indah. Gunungkidul punya wisata alam yang mengagumkan dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat di Gunungkidul ini kebanyakan merupakan kawasan Geopark Gunung Sewu. Geopark Gunung Sewu sudah diakui oleh UNESCO dan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG). Melansir dari Kompas.com, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono menyampaikan, dari sidang Dewan UNESCO yang membidangi geopark menyimpulkan bahwa hasil revalidasi Geopark Gunungsewu masih layak menjadi anggota UGG.

Nah, dengan pengakuan dunia ini tak ada alasan untuk tidak mengunjungi Gunungkidul. Jika kamu liburan ke Gunungkidul, berikut tempat wisata di Gunungkidul selain pantainya yang indah. Air Terjun Sri Gethuk berada di sekitar Sungai Oyo.

Biasanya wisatawan menyusuri aliran sungai lebih dulu sebelum berwisata di sana. Gunung Api Purba Nglanggeran adalah tempat wisata di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung api yang aktif puluhan juta tahun yang lalu.

Gunung Api Purba Nglanggeran cocok untuk panjat tebing dan juga hiking. Embung Nglanggeran letaknya tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Embung Nglanggeran menawarkan pemandangan Gunung Api Purba.

Embung Nglanggeran mulai diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Saat musim kemarau, air di Embung Nglanggeran berkurang jadi sebaiknya traveler mengunjunginya saat musim hujan. Tempat wisata ini juga tak jauh dari Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun tersembunyi di Gunungkidul. Letaknya berada di persawahan dan punya 6 tingkat. Bukit Paralayang, Watugupit berada di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

Tempat ini berada di atas Pantai Parangtritis Jogja dan merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset. Gua Pindul di Karangmojo, Gunungkidul merupakan satu destinasi populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Pengunjung di Gua Pindul akan menyusuri gua yang masih alami dengan menggunakan ban bekas.

Pada musim liburan, pengunjung di Gua Pindul membludak jadi pilihlah waktu yang tepat. Air Terjun Gedad atau kerap disebut ATG oleh masyarakat sekitar, merupakan salah satu wisata baru di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Gunungkidul. Tempat ini termasuk satu kawasan tempat wisata baru di Gunungkidul.

Berwisata alam di Kabupaten Gunungkidul, dI Yogyakarta, seolah tidak ada habisnya. Salah satunya di Lembah Ngingrong yang terletak di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Wisatawan bisa memacu adrenalin mulai dari flying fox hingga susur gua.

Traveler juga dapat mencoba flyingfox hingga menyusuri gua telaga bawah tanah. Traveler yang berkunjung ke Kalisuci Cavetubing bisa melakukan susur gua. Tempat ini bisa jadi alternatif saat gua pindul ramai pengunjung.

Kawasan lembah ini bukanlah lembah biasa, dulunya tempat ini merupakan Lembah Bengawan Solo Purba. Menurut situs Kemendikbud, Lembah Sungai Purba Sadeng adalah, sebuah sungai yang pada awalnya jalur aliran sungai dan dasar Sungai Bengawan Solo Purba, namun akibat peristiwa alam menjadi kering.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close