Travel

10 Destinasi Wisata Menarik di Sepanjang Jalur Mudik Pansela

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan rute mudik alternatif melewati jalur Pantai Selatan (Pansela) yang lebih sepi dan tenang. Jalur Pansela ini menyusuri garis tepi pantai selatan mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Saat mudik nanti, Jalur Pansela Jawa ini bisa menjadi alternatif dari Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa yang sudah terlalu padat.

Mudik lewat Jalur Pansela ini akan membuatmu terasa seperti sedang menikmati wisata Pantai Selatan. Ada banyak tempat wisata yang nantinya akan kamu lewati jika memiliki melintasi jalur Pansela ini. Para pemudik bisa menikmati pemandangan hamparan sawah, pegunungan, dan pantai. Selain itu, cocok juga menjadi lokasi foto yang menarik.

Ada banyak deretan pantai yang Instagramable di sepanjang jalan yang siap menemani perjalananmu. Mulai dari Geopark Ciletuh di Sukabumi, Pantai Laguna Glagah di Kulon Progo, hingga Pantai Klayar di Pacitan. Deretan wisata di sepanjang Jalur Pansela ini akan membuat perjalanan mudik jadi semakin asyik.

Destinasi Curug Sawer di Jawa Barat bisa kamu kunjungi saat melewati jalur Pansela. Curug Sawer merupakan destinasi yang cukup terkenal di Sukabumi. Sejuknya suasana dan derasnya air membuat kamu merasa relex dan mengobati penatnya perjalanan saat mudik.

Destinasi wisata di Sukabumi lain yang bisa dikunjungi adalah Pantai Amada Ratu. Selain mampir ke air terjun, kamu juga bisa singgah dan menikmati suasana pantai yang menenangkan. Pantai ini terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketika pemudik sampai di sana, akan disuguhkan dengan pemandangan eksotis dari sebuah pantai. Destinasi Jawa Barat lain yang menarik untuk di kunjungi adalah Little Venice Kota Bunga. Menyuguhkan suasana yang sedikit berbeda, akan membuat pengunjung merasa layaknya tengah berada di Eropa.

Tempat wisata Cianjur yang dijuluki sebagai Venesia KW ini menyuguhkan pemandangan bangunan dengan arsitektur Eropa. Destinasi lain yang bisa dikunjungi saat melewati jalur Pansela adalah Kawah Putih Bandung. Kawah Putih menjadi destinasi yang menarik untuk berfoto, karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Destiansi wisata di jalur Pansela lain yang bisa kamu kunjungi adalah Kemit Forest. Kemit Forest ini berlokasi di Cilacap dan menjadi wisata andalan bersama keluarga. Selain bisa menikmati keindahan alam, ada juga banyak wahana bermain yang tersedia di sana.

Di sepanjang jalur mudik Pansela kamu juga bisa menikmati eksotisnya panorama pantai yang ada di Jogja. Destinasi wisata Jogja kali ini menjadi destinasi yang sangat terkenal, tepatnya di Gunung Kidul dan Bantul. Beragam pantai wisata Jogja bisa dikunjungi para pemudik meski hanya sebatas singgah sebentar. Kamu bisa singgah sebentar untuk menepi di pinggir pantai sambil mengusir lelah selama perjalanan.

Waduk Gajah Mungkur merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di Wonogiri. Saat singgah di sana, kamu bisa mencoba melakukan banyak kegiatan, seperti jetski dan boat, serta fasilitas lainnya. Selain melewati beragam pantai indah di Jogja, pemudik juga bisa singgah di pantai pantai Pacitan.

Kamu akan menemui banyaknya deretan pantai di Pacitan, satu di antaranya adalah pantai Klayar dan Banyu Tibo. Banyak deretan pantai yang bisa kamu kunjungi dan menjadi pilihan tepat tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela, termasuk pantai di Malang Selatan. Beberapa pantai tersebut adalah Balekambang, Ngudel, Sendiri dan masih banyak lainnya.

Tags
Show More

Fatuni Zulaikha

Pada akhirnya nanti, semua yang pernah hilang atau diambil dari diri kita akan kembali lagi kepada kita. Walaupun dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close